Resep Kue Getas / Kemplang Ketan Top

Kue Getas / Kemplang Ketan.

Kue Getas / Kemplang Ketan Hello bunda, selamat datang. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Kue Getas / Kemplang Ketan. Resep kali ini memiliki 10 Bahan utama, dan 5 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Kue Getas / Kemplang Ketan.

Resep Kue Getas / Kemplang Ketan

  1. 250 gram teoung ketan.
  2. 100 gram tepung beras.
  3. 300 gram kelapa parut (setengah tua).
  4. 1/2 sdt garam.
  5. 200 ml santan kental (sesuaikan dengan adonan).
  6. Minyak untuk menggoreng.
  7. Bahan Besta/Salut gula :.
  8. 150 gram gula pasir.
  9. 70 ml air.
  10. 1/4 sdt garam.

Mungkin anda sudah mengenal dengan nama kue yang satu ini karena kue getas ini sudah cukup terkenal dan populer dimana-mana. Selain proses membuatnya yang sangat mudah, kue getas juga banyak ditemukan dimana-mana. Resep membuat kue getas gandos lembut tepung ketan. Ini Dia Kue Patola Khas Banyuwangi.

Instruksi Memasak Kue Getas / Kemplang Ketan

  1. Campur tepung ketan, tepung beras dan garam. Masukkan kelapa parut. Aduk sampai rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan..
  2. Campur sampai adonan bisa dipulung, tp tidak kering ya bund. Agak basah seperti yg ada digambar..
  3. Pulung adonan, bentuk sesuai selera. Jangan terlalu besar dan tebal ya, nanti gak mateng sampai dalem. Karena kalau terlalu lama digoreng, bisa mbledos2 ketannya hehe. Kalo saya bentuk bulat dan pipih..
  4. Panaskan minyak, masukkan bulatan2 adonan tadi. Goreng dengan api sedang cenderung kecil sampai matang seperti digambar ya bund. Itu belum dikasih gula aja udah enak banget, kayak jadah goreng. Empuk,tidak keras. karena parutan kelapanya banyak 😅.
  5. Siapkan wajan, campur gula, air dan garam untuk bestanya. Agar bestanya cantik dan putih, pakai api kecil ya. Aduk2 sampai larutan gula mengental dan berbuih. Masukkan adonan ketan yg sdh digoreng tadi. Matikan api dan aduk terus sampai gula mengeras dan permukaan getas jd putih. Sajikan untuk cemilan 😉.

Posting Komentar

0 Komentar