Cara Membuat Nasi liwet simple mudah murah rice cooker Terbaik

Nasi liwet simple mudah murah rice cooker.

Nasi liwet simple mudah murah rice cooker Hello bunda, selamat datang. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Nasi liwet simple mudah murah rice cooker. Resep kali ini memiliki 20 Bahan utama, dan 6 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Nasi liwet simple mudah murah rice cooker.

Resep Nasi liwet simple mudah murah rice cooker

  1. 2 kaleng beras sipulen.
  2. 200 ml santan kental (aku pake santan instant ya).
  3. 10-15 siung bawang merah (iris-iris).
  4. 2-3 siung bawang putih (iris-iris).
  5. 5 batang serai (geprek).
  6. 5 lembar daun jeruk (sobek-sobek ya, biar aroma daun jeruknya keluar).
  7. 5 lembar daun salam (ini ga perlu disobek ya).
  8. 5 cm lengkuas (boleh digeprek, boleh diblender halus, kalo aku diblender halus supaya rempahnya beneran berasa, dan mantulll).
  9. 50 gram Teri medan (cuci bersih).
  10. Secukupnya air putih (sesuai takaran air yg dipakai untuk masak nasi di rumah, kurangin sedikit krn udah ada 200ml santan).
  11. secukupnya Garam (aku pake himalayan salt).
  12. secukupnya penguat rasa/penyedap rasa (aku pake kaldu jamur).
  13. secukupnya Gula.
  14. Pelengkap.
  15. 1 ons Teri medan (digoreng ampe garing, untuk garnish atau jadi lauk buat nasi liwetnya juga boleh banget yaa).
  16. Kerupuk.
  17. Sambel terasi.
  18. Tahu/tempe goreng.
  19. Ikan asin goreng/kukus/pepes.
  20. Pete/jengkol/timun/terong.

Nasi liwet is rice cooked in coconut milk, chicken stock, lemongrass, and Indonesian bay leaves (daun salam), giving I have tweaked the tradional nasi liwet recipe to work with my rice cooker, hopefully it should work with any rice cooker out there :) So if you don't want to prepare nasi liwet the traditional. Nasi liwet merupakan kuliner khas Kota Solo yang kini banyak ditemukan di berbagai daerah. Rasanya cenderung gurih mirip nasi uduk. Tak sedikit orang yang menganggap membuat nasi liwet itu susah.

Langkah - Langkah Nasi liwet simple mudah murah rice cooker

  1. Cuci beras, lalu tiriskan dan masukan dlm wadah rice cooker..
  2. Kupas bawang merah, bawang putih, lengkuas. Bersihin serai. Lalu cuci bersih bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam dan teri. Kemudian bawang merah dan bawang putih diiris semua. Serai cukup digeprek. Lengkuas boleh digeprek/diblender, kalau aku diblender ya. Teri ditiriskan..
  3. Lalu masukin bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, teri, daun jeruk, daun salam, garam, kaldu jamur, dan sedikit gula kedalam beras yg td sudah disisihkan di wadah rice cooker. Lalu tuang 200ml santan dan air yg cukup sesuai kebutuhan beras masing-masing ya. Kaya biasa masak nasi aja. Boleh kurangin sedikit airnya kl tkt kelembekan nasi nya nti pas jadi. Soalnya beras kan beda-beda tingkat kebutuhan airnya pas kita masak. Ada beras yg makan air, ada jg yg ga makan air..
  4. Setelah semua bahan dimasukkan ke wadah rice cooker, aduk rata, koreksi rasa, kalau mau agak asin, boleh tambah garam ya. Kalau mau agak gurih, boleh tambah kaldu jamur atau penyedap rasa yg biasa dipakai di rumah masing-masing. Lalu masak dehhh...
  5. Tinggal tunggu nasinya mateng deh. Nahhh, sambil nunggu, bisa goreng lauk teri nya. Dan lauk-lauk lainnya ya seperti tempe goreng/tahu goreng/ikan asin/pete kukus atau goreng atau mentah jg ok. Kalau yg pengen nyambel sendiri juga boleh. Jadi begitu lauk mateng, sambel jadi, nasi liwetnya jg mateng dehhh.. Tinggal ambil deh tuh sesuka hati nasi liwetnya. Ati-ati ga berenti makannn...
  6. Optional kl mau pedes, bisa tambahin cabe setan/cabe rawit hijau/merah waktu masukin bawang dan teman-temannya ke wadah rice cooker ya. Ini aku bikin yg ga pakai cabe sama sekali biar anakku bisa makan juga. Maklum masih bayi 1th 11bln. Emak bapak dan yg lain, ngalah ya ga makan cabe. Kalau mau, tinggal gigitin cabe setan/rawit aja pas makan atau bisa jg buatin sambel terasi. Selamat menikmati nasi liwet ala aku..

Padahal, hanya dengan bermodal rice cooker, kamu sudah bisa membuat nasi liwet yang enak, lho. Nasi liwet yang menggunakkan rice cooker tidak jauh berbeda degan membuat nasi pada umumnya. Hanya saja menggunakan tambahan bumbu dan Meskipun awalnya nasi liwet merupakan makanan khas Solo akan tetapi kini nasi liwet dapat anda temukan dengan mudah diberbagai rumah makan di. Selain dimasak tradisional, nasi liwet juga bisa diolah menggunakan rice cooker. Nah, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memasak nasi Namun, secara tradisional biasanya nasi liwet akan dimasak dengan menggunakan kompor, tentu akan sedikit merepotkan.

Posting Komentar

0 Komentar